FESTIVAL SEMARAPURA 2016 DENGAN MAKNA LAIN TERKANDUNG DI DALAMNYA

Bali, pulau dewata dengan beribu sejarah yang tersembunyi di dalamnya. Sejarah yang menjadikan pulau Bali berkembang menjadi pulau yang indah dengan beribu budayanya. Sejarah yang terkandung di dalam setiap kebudayaan dan gaya hidup masyarakat di pulau Bali membuat pulau Bali menjadi salah satu destinasi pariwisata yang menawarkan keunikan pariwisata dengan memperlihatkan setiap keping dari sejarah yang pernah ada.

Sejarah yang pernah ada itu tidak hanya tertuang dalam sebuah peninggalan bangunan yang akhirnya dapat dijadikan sebagai destinasi wisata maupun sesuatu yang menjadi pedoman pendidikan, melainkan juga terpahat dalam ingatan dan hati masyarakat baik yang merasakan langsung perjalanan sejarah tersebut maupun yang tidak.

Puputan Klungkung, menjadi salah satu sejarah yang masih melekat di dalam ingatan masyarakat dan hingga saat ini masih tetap diperingati sebagai salah satu sejarah heroik yang pernah ada. Puputan Klungkung adalah hari ketika kerajaan dan wilayah Klungkung jatuh ke tangan penjajah Belanda kala itu. Dimana seluruh raja dan ratu gugur dalam melakukan perlawanan terhadap serdadu Belanda. Puputan ini terjadi pada tanggal 28 April 1908 yang sampai saat ini sekaligus menjadi hari jadi Puputan Klungkung.

Tahun ini pemerintah kabupaten Klungkung akan menggelar Festival semarapura 2016 yang sekaligus menjadi peringatan Puputan Klungkung tersebut. Festival ini akan dilaksanakan dari tanggal 28 April sampai 3 Mei 2016.

Jika tahun-tahun sebelumnya diadakan pawai budaya, tidak halnya dengan tahun ini. Perayaan tahun ini hanya akan diadakan pagelaran seni dan hiburan di panggung di Monumen Puputan Klungkung. Kemudian Pada tanggal 29 Maret 2016 akan diadakan Launching wisata dalam kota atau City Tour. City Tour ini akan mengundang para Travel Agent seperti ASITA dan pelaku pariwisata lainnya. Ini sesuai gagasan dan arahan Bapak Bupati. City Tour akan dimulai dari parkir pasar Senggol, kemudian Monumen Puputan Klungkung menuju Puri Klungkung, dari Puri Klungkung ke Lapangan Puputan, masuk ke Kertha Gosa dan dari Kertha Gosa ke Pasar Seni, dari Pasar Seni Klungkung kembali ke Parkir.

Sejumlah Persiapan Dalam Festival Semarapura 2016_323334

Hal ini seharusnya akan membawa dampak baik bagi pariwisata di Kabupaten Klungkung sehingga Bali dapat mengembangkan pariwisata di samping dari tempat-tempat yang memang sudah terkenal dengan pariwisata dan city tour.

This slideshow requires JavaScript.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s