HARI INI!!! PASUKAN PENTING INDONESIA MERAYAKAN HARI JADI

“Kopassus” adalah singkatan dari Komando Pasukan Khusus adalah bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat, Indonesia. Dengan membawa motto 3B, yakni Berani, Benar, Berhasil menjadi pegangan pasukan ketika menjalani misi di medan tugas paling berat sekalipun. Kopassus memiliki kemampuan khusus seperti bergerak cepat di setiap medan, menembak dengan tepat, pengintaian, dan anti teror.

Pembentukan awal pasukan ini adalah pada tanggal 16 April 1952 yang didirikan oleh Kolonel A.E. Kawilarang yaitu dengan nama Kesko TT III/Siliwangi (Kesatuan Komando Tentara Territorium III/Siliwangi) dengan Mayor Infanteri Mochammad Idjon Djanbi (Rokus Bernardus Vesser) sebagai komandannya, kemudian karena diambil alih oleh Mabes ABRI Pada tanggal 18 Maret 1953 diganti menjadi KKAD (Korps Komando Angkatan Darat), kemudian pada tanggal 25 Juli 1955 KKAD ditingkatkan menjadi RPKAD (Resimen Pasukan Komando Angkatan Darat). Pada tanggal 12 Desember 1966 diganti menjadi Puspassus AD (Pusat Pasukan Khusus AD), kemudian pada Tanggal 17 Februari 1971 diganti lagi menjadi Kopassandha (Komando Pasukan Sandi Yudha), dan yang terakhir sejak tanggal 26 Desember 1986 diganti menjadi Kopassus (Komando Pasukan Khusus) yang masih bertahan sampai saat ini.

Terlepas dari sejarah singkat mengenai pembentukan Kopassus, serangkaian kegiatan telah dilakukan untuk memperingati hari jadi Kopassus ke-64 yang jatuh pada tanggal 16 April yaitu hari ini. Mulai dari tanggal 20 Maret 2016 Kopassus telah meresmikan salah satu Masjid yang berada di Kabupaten Serang, Banten dan melakukan kegiatan bakti sosial, kemudian pada tanggal 4 April 2016 telah dilakukan kegiatan untuk memecahkan rekor MURI oleh Kopassus Grup 2 Kandang Menjangan Kartasura yaitu memecahkan 50 batang balok selama 60 detik atau 1 menit oleh satu orang prajurit yakni, Sertu Dwi Andi yang merupakan atlet terbaik beladiri Merpati Putih yang ada di Kopassus.

Selain tiga kegiatan tersebut Kopassus juga menggelar Komando Run yang diselenggarakan secara profesional untuk menarik minat para pelari (runners) dari berbagai kota besar di Indonesia untuk berpartisipasi melakukan evaluasi sekaligus meningkatkan prestasi dalam event lomba lari baik di tingkat nasional maupun internasional. Lomba Lari ini akan dilaksanakan pada tanggal 9 – 10 April 2016 di Lapangan Banteng, Jakarta. Kegiatan ini selain bertujuan untuk memperingati HUT Kopassus ke-64 juga untuk mendekatkan Kopassus dengan rakyatnya melalui kegiatan olahraga lari, dan juga untuk menumbuhkembangkan ketertarikan masyarakat pada olahraga lari, dan masih banyak lagi kegiatan yang dilakukan oleh Kopassus dalam memperingati hari jadi pasukan khusus ini. Selamat Hari Jadi ke-64 Kopassus Indonesia, makin berjaya dan menjadi pasukan elite yang selalu membanggakan nama Indonesia di dada.

This slideshow requires JavaScript.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s